Paser Bekerai Akan Laksanakan Ritual Adat Melas Taun

Ritual Belian
Ritual Belian

Paser 12/02/2015 – PD AMAN Paser bersama Pengurus Pusat Penggerak Paser Bekerai kembali meramaikan Tana’ Paser, Kalimantan Timur. Agak berbeda dengan kegiatan aksi sebelumnya, kali ini Paser Bekerai akan melaksanakan Ritual Adat Melas Taun dengan maksud untuk menuaikan hajat (Mayar Niat) dimana sebelum aksi tanggal 29 Desember 2014 dan Rapat Besar Adat Paser tanggal 14 januari 2015 bersepakat melakukan ritual adat jika tuntutan masyarakat adat Paser dipenuhi oleh pemerintah Kabupaten Paser.

Ritual Melas Taun ini bertujuan untuk membersihkan kampung dari bala mara bahaya dengan ritual adat Belian dan Selamatan. Demi terwujudnya kampung Tana’ Paser yang aman, damai, tentram dan sejahtera. Rencana Ritual Adat Melas Taun ini akan dilaksanakan pada tanggal 27 s/d 29 Maret 2015 di Tepian Batang Kilometer 5, Kecamatan Tanah Grogot, Kalimantan Timur.

Rencananya Ritual Melas Taun ini akan dihadiri oleh para Tokoh-tokoh adat yang ada di Kalimantan. “Kita akan undang mereka untuk menyaksikan ritual adat ini, dan Paser Bekerai berharap ini akan mendapat perhatian dalam skala nasional, karena ini merupakan ritual besar yang melibatkan para tokoh adat dari penjuru adat di Tana’ Paser,” papar Syukran Amin Pengurus Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) dan Koordinator Utama Paser Bekerai***