Ridwan Djanun Pejuang Masyarakat Adat dari Tanah Babasal

Palu, www.gaung.aman.or.id – Lelaki paruh baya itu terlihat sudah renta, senyum terpancar di wajahnya seakan menutup usianya yang sudah lebih dari setengah abad. Semangat  membara dan  keberpihakannya terhadap Masyarakat Adat di tanah Babasal mengantarkannya menjadi salah seorang deklarator Aliansi Masyarakat Adat Nusantara. Ditemui di rumahnya di Desa Tomeang, Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (11/11/2019), dirinya kembali menceritakan perjalanan panjang tentang perjuangannya kala itu.

“Saya selaku salah satu deklarator AMAN mendapat mandat dari Jakarta tidak lain saya harus bertanggunjawab di Kabupaten Banggai dan di Sulawesi Tengah. Mulanya saya Dewan AMAN Wilayah Sulawesi Tengah, tetapi saya melihat Kabupaten Banggai masih termarjinal sehingga  saya urus tanah Babasal,” katanya.

Pak Ri, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa dua tahun setelah deklarasi di Jakarta dirinya gencar melakukan pengorganisasian di tanah kelahirannya.

“Pada tahun 2001 masuk di Luwuk sosialisasikan AMAN dari kampung ke kampung. Setelah dipahami oleh Masyarakat Adat tentang hak-hak tradisoinalnya, selanjutnya saya melakukan konferda (konferensi daerah-red) di tahun yang sama di Desa Toipan, Kecamatan Pagiman,” tuturnya.

Di situ ia mengundang Masyarakat Adat Kabupaten Banggai untuk hadir serentak. Dalam dialek Saluan, ia mengatakan “Ebee banya, dari Banggai, Banggai laut  dan Banggai Kepulauan sekitar 100 orang. Waktu itu konferda menghasilkan nama forum: 3L (Loinang, Lobo dan Lo’on). Loinang itu Suku Saluan, Lo’on Suku Balantak dan  Lobo mereka dari Pulau”.

Ia juga menjelaskan bahwa setelah jalan satu tahun konferda kembali dilakukan di Bangkurung, karena alasan nama yang harus diganti dengan menghadirkan semua Masyarakat Adat Banggai.

“Di sana kita mengubah nama menjadi Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Daerah Banggai, Balantak dan Saluan (AMAN Daerah Babasal).”

Kemudian pada 2014, AMAN Babasal berubah menjadi AMAN Daerah Banggai hingga dimusda 2019.

Arman Seli

Infokom AMAN Sulteng