Rapot Pardomuan Kembali Pimpin AMAN Mentawai

Rapot Pardomuan, Ketua BPH AMAN MentawaiTUAPEJAT 18/5/2016 Hasil Musyawarah Daerah (Musda) II Pengurus Daerah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kepulauan Mentawai yang diselenggarakan  16-18 Mei lalu, Rapot Pardomuan terpilih lagi sebagai Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) untuk periode 2016-2021.

Rapot terpilih secara aklamasi karena Rapot  adalah calon tunggal ketua dalam Musda II sehingga dengan kesepakatan suara dari masing-masing komunitas mempercayakan Rapot Pardomuan untuk kembali duduk sebagai Ketua BPH PD AMAN.

Hasil  Musda II ini juga terpilih 7 orang Dewan AMAN Daerah (Damanda) yakni Selester Sagurujuw, Abdul Aziz, Kortanius Sabeleake, Ignasia Sabailatti, Sergius Saleleubaja, M. Muslim, dan Apul Salamanang.

Pada Musda I tahun 2011 hanya 5 Damanda yang terpilih namun mengingat harus adanya keterwakilan perempuan Damanda pada Musda II ini menjadi 7 orang.

Pada Musda II ini hanya 10 dari 13 komunitas yang hadir sementara 3 komunitas tidak dapat hadir karena kendala komunikasi dan akses yang sulit. Tiga komunitas yang tidak hadir pada Musda tersebut yakni Saibi, Pokai dan Tiop. Meski 10 komunitas suara untuk pemilihan Ketua BPH AMAN sudah memenuhi syarat quorum 50 persen yang ditentukan.

Selanjutnya pada Rabu, 18 Mei dilakukan pengukuhan dan pengambilan janji AMAN kepada Damanda dan Ketua BPH AMAN Kepulauan Mentawai oleh Direktur Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) PB AMAN Bapak Estobio yang juga disaksikan oleh Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet***(Patris Sanene)