Geliat Koperasi “Menepati Janji Sesuai Kesepakatan

Sacangreud Pageuh, Sagolek Pengkek
Penguatan Koperasi

KPAM bertemu dengan Kang Yoyo Yohenda KSU-CMJ
KPAM bertemu dengan Kang Yoyo Yohenda KSU-CMJ

Cisitu 19/5/2015 – Koperasi Produsen AMAN Mandiri (KPAM) melakukan kunjungan, dalam kerangka evaluasi serta penguatan kelembagaan di Koperasi Serba Usaha Cisitu Mulya Jaya (KSU-CMJ) pada (16-17/5/2015). KPAM diwakili Arifin Saleh (Ketua KPAM) dan Agung Fajar (manajer KPAM) diterima oleh Kang Yoyo Suhenda (Ketua KSU CMJ) , Opik (Manajer KSU-CMJ), Abah Okri sebagai pemimpin adat (tetua baris olot) Kasepuhan Cisitu.

Pertemuan dilakukan dalam konteks pengembangan dan pendampingan kelembagaan Badan Usaha Milik Masyarakat Adat (BUMMA), pertemuan berlangsung di Kantor KSU-CMJ, Jl. Pasir Kuray-Cisitu Km 08, Lebak, Banten, membahas perkembangan yang berlangsung di wilayah adat Kasepuhan Cisitu dan mendiskusikan tantangan serta peluang pengembangan koperasi, melalui alat analisa SWOT.

Dari hasil analisa SWOT, hal yang menjadi kekuatan dan peluang, dimana keberadaan KSU-CMJ diharapkan mampu mengelola dan membina para penambang tradisional di Blok Cikidang, mengelola hasil produk pertanian, perikanan dan hasil hutan non kayu. KSU-CMJ sebagai wadah ekonomi yang resmi dan telah mendapat mandat
secara langsung dari lembaga adat Cisitu. Namun, masih ada kelemahannya, yaitu partisipasi anggota masih lemah begitu juga dengan pengurus yang kurang aktif ditambah lagi belum optimalnya fungsi manajerial.

Hasil analisa tersebut direkomendasikan oleh karenanya diperlukan penajaman fungsi manajerial, membangun dan mengembangkan protokol komunikasi secara berkala kepada anggota, perlunya pemetaan sosok tokoh yang mendukung koperasi sebab KSU-CMJ sangat stategis bagi Kasepuhan Cisitu dalam mewujudkan kemandirian Ekonomi. KSU-CMJ membutuhkan satu pengawalan perubahan tata kelola dan tupoksi pengurus koperasi agar berkembang dan mampu dalam mengelola sumberdaya alam yang berkelanjutan.***AF[mapsmarker marker=”2″]