Masyarakat Adat Guatemala Memantau Hutan – Diberi Hak Kelola Hasil Hutan

COP 21 standwithforest

Dalam COP 21 Paris Sekjen AMAN Photo bersama delegasi Amerika Latin
COP 21 Paris Sekjen AMAN jabat tangan delegasi Amerika Latin

Di Guatemala, masyarakat adat sebagai pewaris hutan setuju untuk memantau wilayah hampir 1 juta Acre (sekitar 404685,642 hektar) dari pembalakan liar, perdagangan narkoba dan kegiatan terlarang lainnya. Sebagai imbalannya, mereka mendapat pengakuan hukum atas tanah dan hak atas hasil hutan tersebut.

Koperasi masyarakat Peten menjual hasil hutan kepada 25 perusahaan. Sebagaian besar produk mereka dihasilkan dengan cara tidak menebang pohon.

“Kami tidak akan mengorbankan satu pekerjaan untuk keuntungan lebih. Membawa pemikiran dan praktek kapitalisme berskala besar di sini akan menghancurkan kepentingan kita. Kami ingin menjadi bagian dari perekonomian tetapi pada kondisi yang adil untuk semua orang,”kata Presiden Konsesi Masyarakat Arbol Verde.

“Kuncinya adalah mengintegrasikan seluruh masyarakat ke dalam hutan, “tambahnya. “Melindungi mereka membutuhkan kerjasama. Dengan model konsesi, kita bukan hanya mendapatkan sekedar uang, lebih dari itu ada manfaat sosial, sekolah, perawatan kesehatan, beasiswa. Kami memiliki solidaritas dan rasa kepemilikan. Kami memiliki banyak hal untuk dipertaruhkan “.

Ketika masyarakat mengorganisir diri, pemantauan hutan jauh lebih efektif daripada bila dilakukan oleh beberapa orang bayaran sebagai penjaga yang disewa oleh perusahaan. Bagi mereka, itu hanya pekerjaan. Mereka tidak akan mempertaruhkan hidup mereka sebagai orang-orang ini lakukan.

“Kami menghadapi risiko setiap hari sepanjang tahun: kebakaran, penebang liar, penyelundup, konflik berpotensi berbahaya,” kata Presiden Koperasi Desa Arbol Verde. “Orang-orang ini sering dihubungkan dengan orang-orang beruang dan berkuasa. Kami memiliki dukungan dari pemerintah, tetapi jika ada kegiatan ilegal, bahkan jika itu bukan kesalahan kami, itu adalah tanggung jawab kita. Lembaga sertifikasi negara dan independen akan tahu. Segala sesuatu yang terjadi di hutan mempengaruhi kita. Kami menganggapnya sangat serius ”

Tetapi meskipun semua manfaat yang dibawa oleh model ini, belum jelas apakah pemerintah akan memperpanjang atau membatalkannya karena ada tekanan dari kepentingan bisnis yang ingin mengakses hutan Peten ini. **** Anne-Sophie