Patriot Energi Meningkatkan Modal Sosial Masyarakat

ga3Bogor 7/4/2016 – Unit Pemberdayaan Energi Masyarakat Kementerian ESDM bekerja sama dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) menyelenggarakan diskusi mengenai Patriot Energi program Kementerian ESDM di Rumah AMAN Sempur No 31, Bogor (6/4/2016)

Patriot Energi merupakan salah satu program Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kemeterian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM). Program ini bertujuan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di daerah terpencil dengan memprioritaskan penggunaan energi terbarukan akan meningkatkan rasio elektrifikasi Indonesia.

Visi dari patriot energi ini yaitu meningkatkan modal sosial masyarakat dengan menerapkan energi terbarukan berbasis masyarakat yang berkeadilan sosial melalui patriot-patriot muda untuk mewujudkan kedaulatan energi bangsa. Harapannya, Patriot yang telah ditempatkan di beberapa daerah dapat berperan sebagai aktivator eksternal untuk menggerakan orang-orang kunci dalam komunitas masyarakat agar masyarakat tersebut dapat mandiri dalam mengelola kebutuhan listriknya.

Fungsi Patriot Energi

Mendampingi dan membina masyarakat untuk megerti teknologi; sistem dan teknis dari teknologi energy terbarukan. Mendampingi dan membina masyarakat untuk dapat memanfaatkan listrik dan mengelola sehingga menjadi sesuatu yang bermanfaat utamanya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan ekonomi produktif

Program Patriot Energi dimulai pada tahun 2015, dengan mengirimkan 62 orang ke 62 desa dan tinggal di desa tersebut selama 5 bulan. Untuk program tahun 2016 ini Patriot Energi berencana mengirimkan 96 orang ke 96 desa terpisah. Proses seleksi sudah sudah menyeleksi 96 nama pemuda-pemudi. Pendidikan dan latihan berlangsung pada bulan Mei-Juni dan diberangkatkan bulan Juli.

Dalam proses penentuan desa yang akan dituju oleh patriot energi sudah ditentukan oleh ESDM. Alur prosesnya pemerintah daerah mengajukan desa yang membutuhkan bantuan energi terbarukan. Kemudian ada proses seleksi dan lelang, kemudian ada lelang untuk pihak yang akan melakukan instalasi teknologi energi terbarukan di masing-masing desa. Setelah diketahui berapa desa yang akan dibantu, baru dilaksanakan seleksi patriot energi.

Dari 96 desa yang akan menjadi tujuan bantuan intalasi energi terbarukan dan pengiriman patriot energi tahun 2016 tercatat ada 3 desa komunitas anggota AMAN yaitu Desa Lelingluan – Maluku, Desa Madobag – Mentawai, dan Desa Aruk. *** Andri Febrian