SIKAP POLITIK AMAN FLORES TENGAH

Pengurus Daerah AMAN Flores Tengah NTT, akan menyatakan dukungan politiknya terhadap pasangan calon gubernur NTT dan calon Bupati Kabupaten Ende dan Nagekeo yang berpihak terhadap kepentingan masyarakat adat. PD AMAN Flores Tengah yang menaungi 24 komunitas, adat yang tesebar di wilayah Ende, Ngada dan Nagekeo merupakan kantong suara yang potensial untuk meraup dukungan suara pemilih di dalam pemilihan umum daerah tahun ini.

Dalam rapat kerja daerah 26 Januari lalu, sudah disepakati PD AMAN akan bertemu dengan para pasangan calon untuk menyampaikan sikap politik secara langsung.

Lukas Lawa, ketua PD Flores Tengah menjelaskan, dukungan ini merujuk pada surat edaran Sekjen PB AMAN untuk menyatakan sikap politik, menjelang pemilihan umum daerah. Hal ini harus dilihat sebagai peluang besar untuk memasukan agenda terkait kepentingan masyarakat adat dimasa depan dalam berbagai kebijakan ditingkat pemerintah daerah. daerah.

Dukungan politik menjadi bekal pengawalan, untuk pemenangan para calon pasangan pemimpin. Agar di dalam kebijakan-kebijakan kelak  terdapat upaya untuk memulihkan harkat dan martabat Masyarakat Adat, serta mengembalikan kedaulatan masyarakat adat dalam mempertahankan hak ekonomi, sosial, budaya dan politik.

Para calon pemimpin yang mendapat dukungan politik harus memiliki visi dan misi yang sama dengan organisasi AMAN, yaitu  mewujudkan kehidupan masyarakat adat yang adil dan sejahtera. Sehingga tercapai masyarakat yang berdaulat secara politik, madiri secara ekonomi dan bermartabat secara budaya

 

 

Frumensius Wegu-Infokom PD AMAN Flores Tengah NTT